Senin, 16 April 2012

Rangkaian Volume Digital Sederhana



Rangkaian volume digital prinsip kerja rangkaian ini sebenarnya adalah sama dengan potentiometer, yaitu mengatur ( gain ) volume input audio. Rangkaian ini dibangun oleh 5 buah IC. Agar dapat berjalan sesuai keinginan dibutuhkan tegangan power supply sebesar 15 Volt DC. Adapun fungsi dari masing-masing IC adalah sebagai berikut.

  • IC1 adalah sebagai flip-flop yang berfungsi untuk input clock IC5. Rangkaian flip-flop ini memiliki periode lebih kurang 0,6 detik.
  • IC2 adalah IC regulator yang berfungsi untuk menurunkan tegangan, dari tegangan power supply sebesar 15 volt diturunkan menjadi 12 volt DC guna untuk pen-supply IC3 dan IC4.
  • IC3 merupakan IC multiplexers analogue 16-chanel, IC3 berfungsi sebagai level indikator dari rangkaian volume digital.
  • IC4 sama dengan IC3 yaitu IC multiplexers analogue 16-chanel, namun IC4 ini berfungsi sebagai potentiometer.


SW1 berfungsi untuk menaikan level audio (UP). Dan SW2 berfungsi untuk menurunkan level audio (DOWN). Ketika SW1 ditekan, IC5 menaikkan pulsa output yang di respon oleh IC3 dan IC4 yang kemudian IC3 dan IC4 memilih salah satu level yang sesuai dengan keluaran IC5. Dua buah komponen kapasitor 100n dan resistor 1M ohm pada output berfungsi sebagai penyaring output audio dari rangkaian volume digital ini. Dan kapasitor elektrolit (Elco) 1uF/100V pada IC4 kaki 9 dan 15 digunakan untuk mencegah adanya noise.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa mendownload datasheet dari masing-masing IC yang digunakan. dan juga sudah saya sertakan pula skema rangkaian volume digital ini.
Download.
Password WinRar : iarifw

Tidak ada komentar:

Posting Komentar