Kamis, 19 April 2012

Rangkaian Charge Baterai Ni-CD/Ni-MH

Rangkaian charge baterai Ni-CD/Ni-MH ini dapat anda gunakan untuk mengisi ulang baterai dengan type Ni-CD/Ni-MH. Mungkin bagi Anda yang memiliki hobi bermain mobil main tamiya rangkaian charge ini bisa menjadi bahan pertimbangan Anda sebelum membeli charge di toko. Kelebihan dari rangkaian ini di bandingkan dengan rangkaian yang di jual di toko adalah, ketika baterai telah terisi penuh maka charge akan memutus aliran pengisian sehingga Anda tidak perlu khawatir baterai anda rusak apabila lupa tidak dilepas dari charge. Berikut gambar rangkaiannya.


Ketika Anda akan mengisi ulang baterai, tinggal tekan saja tombol start maka charge akan bekerja dengan sendirinya. VR 22K digunakan untuk batas pengisian baterai, misalkan Anda ingin mengisi baterai dengan tegangan 2 X 1,2 volt maka set VR 22K pada ukuran tegangan 2,2 - 2,4 volt. Tegangan yang akan Anda set bisa di pantau melalui titik tes point, yaitu dengan mengukur titik tes point menggunakan multitester atau avo meter, ( saran : Gunakan umltitester atau avo meter digital sehingga hasil set dari VR 22K lebih akurat dan beterai Anda lebih awet ).
LED1 berfungsi sebagai indikator pengisian beterai, yaitu pada saat Anda melakukan pengisian lalu Anda menekan tombol start maka LED1 akan menyala, itu artinya proses pengisian sedang berlangsung. Dan ketika LED1 mati berarti baterai telah terisi penuh. LED2 berfungsi sebagai indikator rangkaian charge apakah charge telah terhubung dengan tegangan jala-jala PLN atau tidak.
Rangkaian diatas hanya bisa digunakan untuk mengisi baterai sebanyak 2 cell saja. Jika Anda ingin mengisi baterai dengan jumlah yang lebih banyak maka Anda harus menambah rangkaian yang sama setelah out IC 7805. 
Sekian. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Jika Anda kurang paham silahkan beri komentar dibawah posting.

3 komentar:

  1. gan.. minta gambar PCB sekalian bisa..!!! maaf mnerepotkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, Akan saya usahakan. Selagi saya tidak sibuk.
      silahkan Anda pantau posting ini terus untuk mengetahui update skema PCBnya.

      Hapus
  2. mas mau tanya nih, jika kita mau mengurangi isi baterai 1.2v ke 0.1v itu bagaimana yah, jika kita pasang sebuah led untuk indikatornya, dengan waktu kira kira 10mnitan
    trimakasih

    BalasHapus