Jumat, 16 Desember 2011

Rangkaian Penurun Tegangan DC 12V menjadi 3V

Dalam kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah rangkaian penurun tegangan DC. Sebenarnya banyak sekali model rangkaian penurun tegangan, mulai dari yang menggunakan transistor, dioda zener, IC, Dan lain-lain. Tapi pada kesempatan kali ini saya akan memberikan skema rangkaian penurun tegangan menggunakan dioda zener. 

Rangkaian Penurun Tegangan DC


Daftar Komponen :
C1   : 470 nF
C2   : 220 uF/16V
R1   : 470 ohm
D1   : Dioda 1N4148
DZ1 : Dioda Zener 3.3 volt 

Sebenarnya rangkaian ini tidak hanya bisa menurunkan tegangan DC 12 volt menjadi DC 3 volt, tapi juga bisa mengubah DC 12 menjadi 6, 9 Volt. Anda hanya harus mengubah DZ1 ( dioda zener ) sesuai dengan seberapa besar tengangan yang Anda inginkan, misalnya: Anda ingin mengubah tegangan 12 volt DC menjadi 6 volt DC, maka Anda harus mengganti dioda zener tersebut dengan dioda zener 6.2 volt. Jika dioda zener yang anda inginkan tidak ada dipasaran, carilah dioda zener yang nilai volt-nya mendekati nilai volt tegangan yang Anda inginkan. Dan rangkaian ini tidak hanya bisa mengubah tegangan 12 volt tetapi bisa juga 18, 24 , bahkan 32 volt pun bisa.

Update : selain penurun tegangan tetap seperti pada posting saya ini, ada juga penurun tegangan variable yang bisa Anda lihat disini

41 komentar:

  1. rangkaian ini apa bisa untuk menurunkn tegangan dr 16v menjadi 12v dengn merubah ziner x menjadi 12v?

    BalasHapus
  2. @semngat komputer : bisa saja

    BalasHapus
  3. bisa nurunin 100v ke 15v gak?

    BalasHapus
  4. bisa saja. tapi saran saya mendingan pakai IC regulator 7815 dan 7915. untuk lebih jelasnya anda bisa melihat posting saya berikut
    http://kepengenero.blogspot.com/2011/12/rangkaian-regulator-12-volt-menggunakan.html

    BalasHapus
  5. Gan, kalo merubah 12 volt menjadi 4,2 volt, diodanya diganti berapa ya??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ingin merubah tegangan 12 volt menjadi 4,2 volt maka diodanya di ganti aja dengan ukuran 4,1 atau 4,4 volt.

      Hapus
    2. Maap, numpang. Itu arus keluaran kisaran berapa amper ? Bisa untuk charge batere hp ato lampu senter dari accu motor ?

      Hapus
    3. untuk arusnya berkisar antara 400mAh sampai 900mAh

      Hapus
  6. mas kalou untuk merubah tegangan 5 volt mejadi 3,3 volt pakai dz diganti berapa kalau 12 ke 3,3 volt dz berapa ada rumus nya ga ni

    BalasHapus
    Balasan
    1. baik tegangan 5 V atau 12 V dz-nya tetap 3,3 V

      Hapus
  7. tanya om, kalau pingin ngeruah ke 5V outputnya pake dionda zenner berapa ya?

    BalasHapus
  8. mw tny gan, beli diode zener 3v dimana ya dit4 ane ga ad yg jual,yg ad cmn 5v aj n mw tny jg bs diturunin ke 1.5v ga..trims

    BalasHapus
  9. bisa dijelaskan lebih umum ga?
    saya mau merubah accu 12v menjadi out put 1.2 v!
    makasih

    BalasHapus
  10. gan tolong bantuannya nih, kalo nurunin dari inputan 24v DC outputannya 1v DC pake apa.?

    BalasHapus
  11. gan, minta infonya donk,
    kalau saya punya Accu 12V, tapi saya butuh 2 output 5V 3A dan 7V 0.85A. dengan kondisi seperti itu apakah bisa? kalau bisa bagaimana rangkaiannya dan apa saja yang dibutuhkan.
    terima kasih

    BalasHapus
  12. Bos klo cra nurunin dari 6 vol jdi 5vol gimana......
    Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau untuk 6 volt ke 5 volt pakai ic 7805 aja bisa bro.

      Hapus
  13. minta tolong kalo ada rangkaian penurun tegangan dari 110 VDC ke 12 VDC dengan daya output 5 amper, terima kasih, kirim ke w.handriyanto@gmail.com

    BalasHapus
  14. mas mo tanya dong...maksimal ampernya brapa ya??....klo ampernya besar sperti aki mobil kuat ga???

    BalasHapus
  15. mas,tegangan carger hp nokia kan 3vol,kalau mau di ubah ke tegangan 12 volt pake DIODA,Z berapa

    BalasHapus
  16. Kalo charger hp buat jam dinding gmna bisa gk.... output charger 3,5 vol buat batre jam 1,5 vol.

    BalasHapus
  17. saya dah coba gan,..buat nyalain senter 7,2V kok panas banget apa ada yang salah? mohon pencerahan gan

    BalasHapus
  18. Om klo pake ic regulator 7805 sama 7905 gimana bisa ga. Klo pake zenernya 3,9 keluarannya jadi berapa tuh gan

    BalasHapus
  19. SAYA mau bikin bank charger dari battery 9 v mau saya tutunkan menjadi 5.5 volt,
    mohon solusinya

    BalasHapus
  20. Saya Punya adaptor 30 Ampere 13,8V, apa bs saya turunkan menjadi 9V dengan rangkaian diatas yang hanya mengganti diode zenernya aja?
    Mohon pencerahan.
    THX,,,,,
    (kl bs bls ke emai : krys89@ymail.com)

    BalasHapus
  21. Mau nanya Om, kalo nurunin tegangan 12Vdc ke 6Vdc itu lebih efektif pake 7806 atau pake zener aja yah Om,minta saran dong kelebihan dan kekurangannya. trims

    BalasHapus
  22. Om biar 12V turun jadi 3.7 v (buat ces hp) DZ diganti berapa ?

    BalasHapus
  23. Muatan Arus Positih setalah Melewati C2 ternyata masih SENILAI 10,51Volt ?????????


    "bisa bubrah ini negara ???

    BalasHapus
  24. gan, ane mau turunkan 12v jadi 7,2v. trus ane pake zender 7,5v. tapi skali ukur pake multi kok tegangan jd 2v aja? ane pake power supply 12v 5A. tlong di ajarin gan, trims.

    BalasHapus
  25. Tlg dong rangakaian penurun tegangan 48 V dc jd 12 V dc

    BalasHapus
  26. maksih banyak gan semoga ilmunya bermanfaat ^_^ (Y)

    BalasHapus
  27. Saya sudah buat 3 rangkaian untuk lampu emergency yang rusak batereinya. Ada yg jadi 3,6v dan 6. Saya sambung dengan aki 12 v 70a bekas mobil. Tetapi semuanya nyalanya lebih redup dari baterai aslinya. Apa ada yg salah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. mau menambahkan, tegangan zener itu hanya bisa buat tegangan referensi sekitar 20mA, tidak bisa untuk arus besar

      Hapus
  28. Bagaimana rangkaian yang benar untuk permasalahan saya di atas? Tks

    BalasHapus
  29. ijin menjawab :
    1. periksa tegangan baterai yang digunakan, misal 9volt maka gunakan zener 10volt karena jikabaterai penuh tegangannya sekitar 9,5volt dan ada penurunan tegangan 0,6volt setelah melewati transistor.
    2. untuk arus 0,5A gunakan rangkaian skemarangkaianpcb.com/rangkaian-regulator-tegangan-12v-25-a/
    3. untuk arus 1-5A gunakan transistor TIP142
    4. jangan lupa pasang heatsink pada transistor
    4. HATI-HATI PEMASANGAN KAKI TRANSISTOR JIKA TERBALIK SHORTCIRCUIT

    BalasHapus
  30. Bisa minta tolong diberi skema rangkaiannya mas. Terima kasih.

    BalasHapus
  31. gak bisa masukan skema mbah wid, bisa dilihat di blog saya :
    yashobby.blogspot.com

    BalasHapus
  32. Terima kasih Mas Yasir. Saya akan coba dulu. Salam sukses

    BalasHapus
  33. Mas, kalaw mau mengubah tegangan dan arus dari batre 48V 12 AH, mau di rubah menjadi 15V 6A, bisa gak mas? caranya?

    BalasHapus