Jumat, 23 Desember 2011

Rangkaian Inverter 12V DC to 220V AC 100 Watt


Gambar diatas merupakan gambar rangkaian inverter 12 volt DC yang di ubah ke 220 volt AC menggunakan IC CD4047. Dengan penguat akhir menggunakan Mosfet IRF540 daya output dari rangkaian ini bisa mencapai 100 watt. Dan jika Anda merasa daya output dari rangkaian ini kurang besar, maka Anda bisa memparalel Mosfet dan juga mengubah trafo, misalkan rangkaian ini menggunakan trafo 5 A maka ubahlah trafo Anda menjadi 10 A atau 20 A maka daya output dari rangkaian ini bisa mencapai 1000 watt jika anda menggunakan trafo 20 A.
Batt 6X2 Volt 4 Ah pada rangkaian tersebut bisa Anda ganti dengan aki 12 volt 5 Ah ( aki sepeda motor ). Dan input 12 volt diatas maksudnya adalah untuk meng-charger baterai atau aki, jadi baterai atau aki tersebut tidak perlu dilepas dari rangkaian.
Disini saya juga memberikan gambar layout dari rangkaian inverter 100 watt ini:

gambar 1.2 Tata letak komponen


gambar 1.3 Jalur ( layout )
Pada gambar layout diatas Mosfet IRF540-nya saya paralel 4. sehingga daya output-nya sampai 400 watt.

NB: Klik gambar jika kurang jelas.
Jika posting saya ini kurang jelas, silahkan berikan komentar Anda di bawah.

28 komentar:

  1. gan.. mohon petunjuk lagi, karena saya kurang paham yang gambar PCB tampilan atas (daftar komponennya kurang jelas), output yang ke travonya yang mana & apakah rangkaian yang 230v AC sudah termasuk dalam rangkaian ini pa belum..?? Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk output yang ke trafo yaitu 9V-0-9V (menggunakan trafo CT).
      Yang ada pada layout pcb diatas hanya layout untuk rangkaian drivernya saja. jadi 230V AC belum termasuk, tegangan 230V AC akan kita dapatkan pada trafo.
      Trims

      Hapus
    2. gan. tolong dong, daftar komponennya tolong dong di terangin lagi.. khususnya resisitornya gan... mohon bantuanya ya....

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. assalam
    saya sudah bikin rangkaian diatas, saya paralelkan mosfetnya 4 pasang, jdi make 8 mosfet.
    pertanyaan saya berapa ampere trafo n aki yang harus saya pake supaya keluaranya maksimal??
    mohon bagi ilmunya agan-agan
    lo bisa lewat sms aja gan 081947888538, jarang OL soalnya..hehe
    terimakasih
    wassalam

    BalasHapus
  4. assalamu alaikum wr.wb,
    permisi gan pengen nanya nih tentang dioda led tipe apa yg dgunakan dalam rangkaian diatas dan untuk dioda zener dan dioda biasa yg dipasang secara bersama2 setelah keluaran trafo itu typenya apa yah?
    mohon bimbinganny gan,
    trims n wassalamu alaikum wr.wb,
    fauzy

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk dioda yang berapa pada output setelah trafo itu optional, tidak di pasang pun rangkaian bisa bekerja dengan baik.

      Hapus
  5. mass, bagaimana cara konvert 12 dc ke 45 dc ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Munkin rangkaian ini bisa membantu
      http://3.bp.blogspot.com/_BSuMDd0ngEs/TG-Ax_0OpbI/AAAAAAAAADY/Nm02WW_5zb0/s1600/SG3525+DC+Converter+12V+to++35V,-35V.gif

      Hapus
  6. gan mau tanya kalau inverter 300 watt mosfet nya gimana? mohon dijawab... Newbe

    BalasHapus
  7. Kira-kira ini outputnya Modified Sine Wave nngak ya??.. soalnya rata2 peralatan elektronik memerlukan gelomabng Sine Wave... Mksh...

    BalasHapus
  8. mau tanya gan,, inverter yang agan buat bisa buat beban motor listrik gak gan?? (kipas angin, pompa air, AC) soalnya saya buat inverter yg pakai IC CD4047 & IRF 540, kipas angin gak mau muter. Rangkaiannya kayak gini gan http://hobikukaryaku.blogspot.com/2014/03/my-home-made-power-supply-charger.html

    BalasHapus
  9. saya sangat tertarik rangkaian inverter bung. banyak yg sudah saya coba namun hasilnya tak maksimal.
    jadi rangkaian inverter DC to AC yang bagaimana yang mampu bertahan setidaknya 12 jam?
    dan bangaimana untuk menstabilkan output nya?
    mohon pencerahannya. terimakasih

    BalasHapus
  10. Mas daftar komponennya apa ajah ?
    Mksh

    BalasHapus
  11. blognya aja BERBAGI ILMU......TAPI CUMA PAMER DOANG.......nyatanya daftar componen di rahasiakan

    BalasHapus
  12. kalau pakek 12-0-12 bisa gak...??????. daftar komponen gan.....

    BalasHapus
  13. yang punya blog dimana sih.
    kok banyak pertanyaan gak dijawab...

    BalasHapus
  14. saya pernah buat rangkaian semacam itu dan berhasil sangat memuaskan saya menggunakan travo ERA engkel 5 Amp, bisa digunakan untuk bor , gerinda bahkan untuk mesin serut, bahkan lagi listrik penerangan di rumah aku pake inverter juga, sekalian promo aku pake solar cell sehingga kalo sian aki terisi sendiri. bagi agan agan yg pingin tau kayak apa bendanya silahkan hubungi 082139292608. lewat WA apa BBM ntar tak kirim gambarnya ...OK wassalam

    BalasHapus
  15. Kalau beli PCB yang sudah jadi ada ga gan? kalau ada dimana?

    BalasHapus
  16. nputnya aki yang mana ya mas, mhon bantuanya?

    BalasHapus
  17. Mohon info nya untuk mengatur gelombang 50 -60 hz pada trimpot nya bagaimana supaya presisi

    BalasHapus
  18. Saya kalo boleh minta diagramnya...

    BalasHapus
  19. Saya kalo boleh minta diagramnya...

    BalasHapus
  20. Gua pernah rangkai yg ini,,bgtu selsai gua coba pke beban lampu 18 watt meleduk IRF nya

    BalasHapus
  21. kebanyakan komponennya klo hanya 100w sih

    BalasHapus
  22. Daftar komponennya dong mas biar pada paham
    Trima kasih

    BalasHapus