Senin, 11 April 2011

Cara Mengembalikan Folder/File Yang Hilang Dihapus Dari Recycle Bin

Kehilangan data adalah salah satu masalah yang sangat serius dan bisa membuat panik. Apalagi kalau data yang hilang itu merupakan data yang sangat penting. Saya mempunyai aplikasi kecil bernama Recuva yang dapat digunakan untuk memulihkan data yang terhapus baik dalam hard disk ataupun dalam media penyimpanan lainnya. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk memulihkan data dari media penyimpanan yang telah rusak. Berikut selengkapnya.

Silahkan RECUVA disini atau disini

Berikut langkah-langkah memulihkan suatu data yang terhapus dengan Recuva.

1. Download dan install Recuva. 
2. Buka Recuva. Klik Next untuk melanjutkan recuva
3. Pilih tipe file yang akan dipulihkan. Klik Next untuk melanjutkan 
4. Tentukan lokasi file yang ingin dipulihkan. Jika tidak tahu, pilih saja I’m not sure. Klik Next untuk melanjutkan 
5. Maka tahap awal selesai. Terlihat disana ada pilihan Deep Scan. Apabila Deep Scan diaktifkan, maka Recuva akan mampu memulihkan data yang sudah tertimpa file lain. Tentunya akan memperlambat proses scanning. Klik Start untuk memulai proses scanning 
6. Proses scanning pun segera dimulai. Lama proses scanning tergantung pada banyaknya file yang ditemukan telah terhapus 
7. Setelah proses scanning selesai maka akan ditampilkan seluruh hasilnya. Beri tanda centang pada file yang ingin dipulihkan. Bila sudah selesai, klik Recover untuk memulai proses pemulihan. Nanti akan ditanya di mana lokasi output-nya.

Semoga petunjuk di atas sudah cukup jelas untuk cara penggunaan Recuva. Selain Recuva juga tersedia aplikasi sejenis seperti Undelete Plus, Restoration dan PC Inspector File Recovery. Di antara berbagai aplikasi tersebut, menurut saya Recuva yang paling mudah dioperasikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar