Selasa, 11 Oktober 2011

Rangkaian Remote Control Menggunakan IC TX-2B dan RX-2B

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sedikit ilmu yang saya dapat dari beberapa situs yang saya dari mbah Google. Rangkaian remote control Transmitter-Receiver ini bekerja dengan frekuensi 27 MHz. Gambar di bawah ini menunjukkan diagram skematik dari IC TX2B/RX-2B.

Gambar 1.1 Skematik IC TX-2B/RX-2B


Dan Untuk Gambar rangkaian Transmitter dan Receiver radio kontrol ini bisa Anda Lihat pada gambar di bawah ini.

Gambar 1.2 Transmitter IC TX-2B


Gambar 1.3 Receiver IC RX-2B

Jika gambar yang saya sediakan diatas kurang jelas. Bisa Anda download disini.

22 komentar:

  1. kalau ngerubah canel frequency agar ga bentrok sama mobil Remote control punya teman gmn ya mas? mohon pencerahannya dong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pakai kristal susah, klo pake koker tinggal putar sj

      Hapus
  2. @service center.
    kalu rngkaian.nya sprti pnya sya yg diats. maka pd bgian transmitter ubah cystal.nya dan pd bgian receiver.nya L1 d trim hingga bisa menerima sinyal dri transmitter trsebut.

    BalasHapus
  3. Kalao beli ic nya dimana ya mas..? hasan dari blitar..

    BalasHapus
  4. mohon maaf kalau di blitar saya kurang tahu. tapi yang jelas di tempat penjualan komponen elektronika terbesar ( center ) di blitar.
    coba aja cari.

    terima kasih sudah berkunjung di blog saya

    BalasHapus
  5. lo harga ic rx ma tx ny brapaan mz>??

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau untuk harganya sendiri saya kurang tahu. karena saya belum pernah membeli IC tersebut. sebab dulu saya mencoba rangkaian tersebut dengan mengkanibal IC mobil remote control yang sudah rusak.

      Hapus
  6. itu transmiternya dikotrol pakek apa.?

    BalasHapus
  7. mas mau nanyak nya kalau mau merubah jarak jangkuannya hingga 100 meter gimna ya mas ? mohon pencerahannya.

    BalasHapus
  8. mau nanya beli ic emacam itu dimana ya.....

    BalasHapus
  9. ni gan klo mau bli IC nya.. pesan di agan ini aja..... http://www.berniaga.com/IC+TX+2B+dan+RX+2B+untuk+radio+control-12775266.htm

    by: www.shineefutures.blogspot.com

    BalasHapus
  10. bang klo cara buat L1,L2,L3 dan L4 itu gimana

    BalasHapus
  11. Saya baru beli banyak tx 2b dan rx 2b, bukan toko lokasi bandung timur email haryadhia@gmail.com

    BalasHapus
  12. Bolehkan sya minta no hp mu gan....?sory bukannya mau ganggu, mau tanya aja lbih lanjut tntang rangkaian nya itu.....

    BalasHapus
  13. Ic RX 2 B sma RX 2 G sma egk mas?

    BalasHapus
  14. Brothers semua,setelah saya lihat datasheet nya pada IC ini yang menentukan frekwensinya adalah Resistor pada kaki 4 dan 5 pada IC RX dan resistor pada kaki 11 dan 12 pada IC TX
    dan kedua resistor ini harus sama pada IC RX dan TX.
    240k untuk 40 Mhz dan 180k untuk 27 Mhz .trims ,semoga keterangan saya ini membantu.

    BalasHapus
  15. Om punya q di ic tx pin 10 nya saya tes koq tengangan nya sudah masuk ..
    seharusnya kan 0 DC
    trimakasih

    BalasHapus
  16. Mas bisa ga ic tx di ganti. Karna recifernya krg konek ini pd rc heli terlalu tinggi putaran blade nya

    BalasHapus
  17. Mau jual rx tx ga ada batunya frexuensi 35mhz ( super sprint ) dan rx 27 mhz ( viper ) ga ada tx nya lokasi jakarta timur merk viper sama super sprint . lokasi jakarta timur. Contak. Email henggarsuwwito@gmail.com harga nego sampai jadi.

    BalasHapus
  18. Terimakasih infonya sangat membantu
    salam Aqiqah Jogja

    BalasHapus
  19. Rc saya pke ic tipe mx 1919L code nya 1842T.klo di gnti pke MX 1919L code nya beda bisa g ya..

    BalasHapus
  20. Saya pake remote gt2,jangkawan sekarang cman 1 meter,udah ganti antena dbi sama aza,harus ganti apa lagi ya

    BalasHapus